Blogroll

Batman Begins - Diagonal Resize 2

Sabtu, 21 Januari 2017

SOFTSKILL - Desain Pemodelan Grafik

Bab3

Perangkat Lunak Yang Berhubungan Dengan Aplikasi Peta Pro l Wisata berbasis Multimedia

3.1           PENGERTIAN MULTIMEDIA

Secara umum de nisi multimedia adalah penggabungan berbagai informasi dengan menggunakan fasilitas dari komputer dalam bentuk teks, audio, animasi dan video. Multimedia yang berasal dari kata multi yang berarti lebih dari satu dan media dapat diartikan penyajian suatu tempat.
Beberapa de nisi menurut para ahli:
1.    Multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996).
2.    Multimedia adalah gabungan dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks(McComick, 1996).
3.    Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atauoutput, media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, gra k, dan gambar (Turban dan kawan-kawan, 2002).
4.    Multimedia adalah alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, gra k, animasi, audio, dan video (Robin dan Linda, 2001). 5. Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter 2002 adalah: pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, gra k, audio, video, dengan menggunakan tool
17
yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi. Kelebihan multimedia adalah menarik indera dan minat, karena multimedia merupakan gabungan antara pandangan, suara dan gerakan. Menurut Lembaga Riset dan Penerbitan Komputer yaitu Computer Technology Research (CTR) bahwa orang hanya mampu mengingat 20% dari yang dilihat dan 30% dari yang didengar. Tetapi orang dapat mengingat 50% dari apa yang dilihat dan didengar dan hanya 30% dari yang dilihat, didengar dan dilakukan sekaligus. Maka multimedia sangatlah efektif untuk menjadi sarana pengajaran dan periklanan. Sebagai sarana periklanan multimedia merupakan sarana yang cocok dan unik karena mengandung elemen penglihatan, video dan suara yang dapat dikombinasikan dengan strategi kreatif untuk menghasilkan daya tarik dan eksekusi iklan.

3.2       TEKS

Tampilan dalam bentuk teks atau yang lebih dikenal dengan istilah tipogra merupakan elemen yang cukup penting dalam pembuatan multimedia. Sebagian besar multimedia menggunakan teks karena teks sangat efektif untuk menyampaikan ide dan panduan kepada pengguna. Teksa merupakan bentuk data multimedia yang paling mudah disimpan dan dikenal, serta le teks mempunyai struktur yang sederhana. Teks biasanya mengacu pada kata, kalimat, alinea, dan segala sesuatu yang tertulis atau ditayangkan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai penggunaan teks dalam suatu aplikasi multimedia adalah :
1.                    Huruf (font) harus sesuai dengan tema aplikasi multimedia yang dibuat.
2.                    Pastikan huruf yang dipakai tersedia di sistem komputer lain.
3.                    Pemilihan bentuk dan warna yang sesuai dengan tema aplikasi mutimedia.
4.                    Pastikan teks tersebut terbaca.
5.                    Usahakan ringkas tapi padat.

3.3           GAMBAR (GRA K)

Gambar merupakan sarana pembentukan informasi yang lebih mudah dipahami. Gambar juga merupakan salah satu komponen penting dalam mutimedia karena dapat meringkas dan menyajikan data kompleks serta mampu menyampaikan banyak kata. Gambar dalam publikasi multimedia lebih menarik perhatian dan dapat mengurangi kebosanan dibandingkan dengan teks, sebab manusia selalu berorientasi terhadap visual. Macam-macam format gambar yaitu :
a)       Joint Photographic Expert Group (*.JPEG/*.JPG) Format JPG me-rupakan format yang paling terkenal sekarang ini. Hal ini karena sifatnya yang berukuran kecil (hanya puluhan/ ratusan Kb saja), dan bersifat portabel. File ini sering digunakan pada bidang fotogra untuk menyimpan le foto. File ini bisa digunakan di web (internet ).
b)       Graphics Interchange Format (*.GIF) Format GIF ini berukuran kecildan mendukung gambar yang terdiri dari banyak frame sehingga bisa disebut gambar animasi (gambar bergerak). Format ini sering sekali digunakan di internet untuk menampilkan gambargambar di web.
c)       Portable Network Graphics (*.PNG) Format yang standar dan seringdigunakan di internet untuk menampilkan gambar atau pengiriman gambar. Ukuran le ini cukup kecil dan setara dengan ukuran gif dengan kualitas yang bagus. Namun tidak mendukung animasi (gambar bergerak).

3.4          SUARA (AUDIO)

Tekhnologi audio juga berperan penting dalam penyampaian informasi, tanpa adanya audio dalam sebuah multimedia maka hasilnya kurang lengkap. Suara atau audio di dalam multimedia biasanya berupa suara musik, suara dari voice record dan efek-efek suara lain. Beberapa format yang digunakan dalam multimedia yaitu :
a)       MP3 (MPEG Audio Player 3), yaitu le audio yang menggunkan suatu
codec untuk melakukan encoding dan decoding suatu rekaman musik.
b)       DAT (Digital Audio Tape) yaitu format le yang menggunakann head berputar.
c)       WAV (Wafeform Audio) yaitu format       le audio berbentuk digital.

3.5        VIDEO

Video adalah teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak. Biasanya menggunakan lm seluloid, sinyal elektronik, atau media digital. Pembuatan video dalam tampilan multimedia bertujuan untuk membuat tampilan yang dihasilkan lebih menarik. Beberapa format le video antara lain :
a)     Audio Video Interleave (AVI), yaitu format video dan animasi yang
digunakan untuk windows dan berekstensi *.avi
b)    Motioon Picture Expert Group (MPEG), yaitu skema kompresi dan
spesi kasi format         le video digital.
c)     Shockwave, yaitu format dari Macromedia Flash yang berekstensi
*.swf d) MiniDV dan Digital8 yaitu format               le dari digital video
3.6        Animasi
Animasi adalah illusion of motion yang dibuat dari gambar statis yang ditampilkan secara berurutan sehingga terlihat bergerak dan hidup. Pergerakan animasi lebih mudah dimengerti daripada objek atau gambar diam. Selain itu animasi lebih menarik dan mudah dimengerti karena lebih komunikatif dalam menyampaikan suatu tujuan. Pada video atau lm, animasi merancu pada teknik dimana setiap frame dalam lm dibuat secara terpisah. Frame bisa dihasilkan dari komputer, dari fotogra atau dari gambar lukisan. Animasi dibagi menjadi beberapa macam yaitu :
a)       Animasi Sel Sel animasi biasanya merupakan lembaran-lembaran yangmada aplembentuk animasi tunggal. Masing-masing sel merupakan bagian yang terpisah, misalnya antara obyek dengan latar belakangnya, sehingga dapat saling bergerak mandiri. Misalnya seorang animator akannmembuat animasi orang berjalan, maka langkah pertama dia akan menggambar latar belakang, kemudian karakter yang akan berjalan di lembar berikutnya, kemudian membuat lembaran yang berisi karakter ketika kaki diangkat, dan akhirnya karakter ketika kaki dilangkahkan.
b)       Animasi Frame Animasi frame adalah bentuk animasi paling sederha-na. Contohnya ketika membuat gambar-gambar yang berbeda-beda gerakannya pada sebuah tepian buku kemudian buku dibuka dengan menggunakan jempol secara cepat maka gambar akan kelihatan bergerak.
c)       Animasi Sprite Pada animasi sprite, gambar digerakkan dengan latarbelakang yang diam. Sprite adalah bagian dari animasi yang bergerak secara mandiri, seperti misalnya burung terbang, planet yang berotasi, bola memantul, ataupun logo yang berputar.
d)       Animasi Path Animasi path adalah animasi dari obyek yang berge-rak sepanjang garis kurva yang ditentukan sebagai lintasan. Misalnya dalam pembuatan animasi kereta api, persawat terbang, burung dan lain-lain yang membutuhkan lintasan gerak tertentu. Pada kebanyakan animasi path dilakukan juga efek looping yang membuat gerakan path terjadi secara terus menerus.
e)       Animasi Spline Spline adalah representasi matematis dari kurva. Se-hingga gerakan objek tidak hanya mengikuti garis lurus melainkan berbentuk kurva
f)        Animasi Vektor Animasi vektor menjadikan obyek bergerak denganmemvariasikan ketiga parameter ujung pangkal, arah dan panjang segmensegmen garis yang menentukan objek.
g)       Animasi Karakter Animasi karakter biasanya terdapat di lm kartun. Semua bagian dalam lm kartun selalu bergerak bersamaan. Software yang biasa digunakan adalah Maya Unlimited. Contoh lm kartun yang dibuat dengan Maya Unlimited adalah Toy Story dan Monster Inc.
3.7            Multimedia pemetaan Berbasis Komputer
Saat ini tekhnologi komputer tidak lagi hanya digunakan sebagai sarana komputasi pengolahan kata, tetapi juga sebagai sarana informasi dalam segala hal. Sajian pemetaan multimedia berbasis komputer dapat diartikan sebagai tekhnologi yang mengoptimalkan peran komputer sebagai sarana untuk mempermudah informasi suatu wilayah dengan mudah. Multimedia juga berfungsi menampilkan dan merekayasa teks, gra k dan dalam sebuah tampilan yang terintegrasi dan dapat digunakan sebagai media tekhnologi yang efektif untuk sarana promosi suatu wilayah dengan berbagai cara, salah satunya menggunakan peta wisata digital ini.
3.8            Konsep Dasar Flash dan Animasi SWF
Animasi dapat ditambahkan ke dalam halaman web dalam bentuk animasi GIF atau video embedded. Format yang paling populer untuk animasi web adalah shockwave ash (SWF), biasanya di-generate menggunakan Macromedia Flash, yang berupa animasi vektor. Animasi SWF memerlukan bandwidth yang lebih rendah dibandingkan video dan format bitmap. Harga yang harus dibayar dengan bandwidth yang lebih rendah ini adalah animasi vekor tidak sepenuhnya didukung atau dapat ditampilkan dibandingkan dengan bitmap (perlu plug in khusus) Flash lebih dari sekedar program animasi. Flash mendukung scripting language, yang disebut Action Script, sehingga dimungkinkan untuk membuat animasi yang interaktif dan membuat aplikasi web dengan userinterface berupa ash.
3.9            Timeline dan Stage
Animasi yang dibuat di Flash diorganisasikan dengan timeline (representasi gra k yang terdiri dari kumpulan frame). Animasi dapat dibuat pada single frame pada suatu waktu, dengan menambahkan key frames pada timeline secara sekuensial. Stage adalah sub-window di mana frame dibuat dengan menggambarkan objek. Objek dapat dibuat dengan menggunakan drawingtool (hampir sama dengan Illustrator dan Corel), import dari aplikasi lain (BMP, JPG, PNG, fasilitas auto-trac), animasi text (outline font). Layer dapat dipergunakan untuk mengorganisasikan elemen frame (layer background, layer tanaman, layer awan) Flash interface berisi vector drawing tool, host of palletes (colour mixing, alignment, applying transformations, setting typographics options).
3.9.1          Symbol dan Tweening
Objek dapat disimpan pada library dalam bentuk khusus, yang dinamakan symbol, sehingga dapat dipergunakan ulang. Beberapa instance symbol dapat ditempatkan pada stage. Symbol dapat ditransformasi (ukuran, orientasi). Tween motion dapat dibuat dengan beberapa cara. Hasil tweening dapat dilihat pada timeline berupa tanda panah pada awal dan akhir keyframe yang dipilih. Motion tweening adalah gerakan gambar terlebih dahulu dengan membuat motion path. Shape tweening adalah dikenal dengan nama morphing. Perubahan bentuk suatu objek menjadi bentuk baru. Tiga macam symbol di dalam ash :
a.      Graphic symbol. Dipergunakan untuk motion tweening.
b.      Button symbol. Dipergunakan untuk membuat bagian interaktif.
c.       Movie clip symbol. Animasi yang dapat ditambahkan ke dalam movieutama.
3.9.2        Actionscript
Action Script itu adalah bahasa pemrograman action pada ash, jenis script yang dipakai serupa dengan bahasa pemograman Java, oleh karena itu kebanyakan orang yang telah ahli Java atau setidaknya kenal tidak akan kesulitan mengintegrasikan pada ash, untuk terciptanya sebuah animasi dengan action yang sangat bermanfaat dalam Internet Communication, yang lebih atraktif dan lebih e sien. Action script memadukan animasi keyframing dengan bahasa pemrograman yang hasil dari perpaduan keduanya, diantaranya dapat :
1.   Menghemat Ukuran          le,
2.   Kolaborasi dengan Database.
3.10            Pengertian Peta
Peta merupakan alat utama di dalam ilmu geogra , selain foto udara dan citra satelit. Melalui peta, seorang dapat mengamati kenampakan permukaan bumi lebih luas dari batas pandang manusia. Menurut ICA (International Cartographic Association), peta adalah suatu gambaran atau representasi unsur-unsur ketampakan abstrak yang dipilih dari permukaan bumi, yang ada kaitannya dengan permukaan bumi atau benda-benda angkasa. Pada umumnya, peta digambarkan pada suatu bidang datar dan diperkecil atau skalakan. Peta mulai ada dan digunakan manusia, sejak manusia melakukan penjelajahan dan penelitian. Walaupun masih dalam bentuk yang sangat sederhana yaitu dalam bentuk sketsa mengenai lokasi suatu tempat. Pada awal abad ke 2 (87 M 150 M), Claudius Ptolomaeus mengemukakan mengenai pentingnya peta. Kumpulan dari peta peta karya Claudius Ptolomaeus dibukukan dan diberi nama Atlas Ptolomaeus . Ilmu yang membahas mengenai peta adalah kartogra . Sedangkan orang ahli membuat peta disebut kartografer.
3.11            Struktur Navigasi
Struktur navigasi merupakan alat bantu untuk merancang aliran aplikasi multimedia. Ada beberapa cara yang digunakan dalam mendesain aliran aplikasi multimedia, diantaranya adalah struktur linier, struktur hirarki, struktur jaringan dan struktur kombinasi (Suyanto, 2004).
3.11.1            Struktur Linier
Struktur yang paling sederhana dalam mendesain aliran aplikasi multimedia adalah struktur linier. Dalam menampilkan aplikasi dapat maju (next) dan mundur (back), jika mouse di-klik akan menampilkan isi informasi dari aplikasi multimedia tersebut dan bila di-klik lagi akan muncul pada halaman berikutnya(Suyanto, 2004).
3.11.2            Struktur Hirarki
Struktur hirarki merupakan struktur seperti tangga atau pohon, dimana masingmasing obyek menyediakan sebuah menu pilihan yang memiliki lebih banyak menu degan banyak pilihan. Tidak ada batas ukuran atau jumlah menu dan sub-menu yang dapat dimiliki dalam sebuah struktur hirarki (Suyanto, 2004).
3.11.3            . Struktur Jaringan
Bentuk struktur jaringan merupakan desain yang paling kompleks dengan banyak objek dalam setiap arah pada setiap objek dalam aplikasi multimedia (Suyanto, 2004).
3.11.4            Struktur Kombinasi
Struktur kombinasi merupakan struktur seperti tangga, pohon-pohon gabungan antara struktur linier dan menu, dimana didalamnya tidak ada batas untuk menyediakan banyak pilihan dengan menu utama dan sub menu yang ada (Suyanto, 2004).
3.12          Perangkat Lunak
3.12.1            Macromedia Flash Profesional 8
Macromedia Flash Profesional 8 merupakan software utama dalam pembuatan aplikasi peta pro l wisata Kabupaten Karanganyar berbasis multimedia ini. Macromedia Flash mampu untuk mengolah beberapa media ke dalam bentuk gra k, teks dan animasi dengan kelebihan mengimport bitmap grak *.jpeg dapat mengimport audio baik dari wav maupun mp3 disimpan dalam *. a. Kelebihan lain adalah ketersediaan action script pada panel yang mudah diterapkan pada animasi yang akan dibuat.
Keterangan : 1. Stage Utama Tempat meletakkan obyek animasi yang akan dibuat.
2.       Title bar Title bar merupakan baris yang menunjukkan nama dokumenyang sedang diedit atau dibuka. Untuk dokumen baru title bar akan memberi nama default yaitu untitled1.
3.       Menu bar Menu bar merupakan baris menu yang digunakan untukmengakses perintah utama yang terdapat pada macromedia ash. Menu bar lebih mangacu pada pengaturan dokumen yang akan digunakan seperti perintah save, open, print, pengaturan layout.
4.       Timeline Control Timeline control terdiri dari frame-frame yang menentukan waktu yang dibutuhkan animasi untuk melakukan pergerakan atau perubahan. Melalui timeline control dapat menentukan selang waktu yang dibutuhkan untuk melakukan sebuah animasi.
5.       Layer panel Layer panel yang berada pada macromedia ash hampir mirip dengan layer panel yang ada pada photoshop yaitu berfungsi sebagai tempat dari sekumpulan layer yang merupakan bagian dari animasi. Sehingga memungkinkan untuk melakukan perubahan pada setiap objek yang berada pada layer yang berbeda. Sehingga perubahan yang dilakukan tidak akan berpengaruh pada objek yang berada pada layer lain.
6.       Tool bar Tool bar merupakan baris yang berisi kumpulan tool ataualat yang digunakan untuk pembuatan objek dalam animasi ash. Adapun beberapa tool yang berada pada tool bar adalah selection tool yang digunakan untuk melakukan select atau pemilihan objek ash. Free transform tool yang dapat digunakan untuk mengatur lebar dan panjang dari suatu objek ash. Gradient transform tool digunakan untuk mengatur luas gradasi warna pada object. Oval tool digunakan untuk menggambar objek berbentuk lonjong atau lingkaran. Rectangle tool digunakan untuk menggambar objek berbentuk persegi empat.
7.       Text tool Text tool merupakan tool yang berada pada tool bar yangdigunakan untuk membuat suatu teks dimana bisa mengatur properti dari teks pada property panel.
8.       Action script library Action script library merupakan kumpulan actionscript yang telah disediakan oleh macromedia ash untuk. Dokumen yang telah memiliki action script juga dapat dilihat dari action script library sehingga akan memudahkan untuk mencari letak dari script yang digunakan.
9.       Action script area Action script area merupakan tempat dimana bisamengedit action script juga dapat mengambil action script yang sudah disediakan oleh macromedia di action script library dan kemudian mengedit script tersebut.
10.   Property panel Property panel merupakan tempat dimana bisa mengatur properti dari setiap objek yang dibuat di macromedia ash. Pengaturan warna dan berbagai properti dari objek yang dibuat dengan berbagai tool bisa diatur melalui property panel.
11.   Library panel Library panel merupakan tempat dari semua objekyang ada pada stage dokumen yang dibuat. Setiap komponen yang ada dalam dokumen animasi ash bisa dicari dalam library panel.
3.12.2         Corel Draw X3
Corel Draw X3 adalaha software yang digunakan untuk menggambar maupun meningkatakan kualitas teks yang berbasis vektor di mana dapat dibuat desain gra s yang lebih baik, mudah, praktis dan cepat. Corel Draw mempunyai keunggulan dalam mengelola gambar maka sangat cocok untuk dikolaborasikan dengan Macromedia Flash
Keterangan : 1. Color Pallete Color palette merupakan alat yang digunakan untuk memberi warna pada gambar, garis atau teks yang akan dibuat. Untuk memberi warna tubuh dari gambar bisa dengan cara klik kiri pada warna yang diinginkan. Sedangkan untuk memberi warna pada garis bisa dilakukan dengan cara klik kanan pada warna yang diinginkan.
2.       Property Bar Merupakan baris yang berisi pengaturan terhadap objekatau gambar yang kita dibuat melalui corel. Property bar akan memudahkan untuk mengatur ukuran atau warna dari objek yang dibuat melalui tool bar
3.       Tittle Bar Title bar merupakan baris yang menunjukkan nama dokumen yang sedang diedit atau dibuka. Untuk dokumen baru title bar akan memberi nama default yaitu graphic 1.
4.       Menu Bar Merupakan baris menu yang digunakan untuk mengaksesperintah utama yang terdapat pada Corel X3. Menu bar lebih mangacu pada pengaturan dokumen yang akan digunakan seperti perintah save, open, print, pengaturan layout.
5.       Standart Bar Standart bar merupakan baris perintah yang biasa digunakan pada dokumen corel. Adapun perintah yang biasa digunakan adalah copy, paste, cut, open atau membuat dokumen baru.
6.       Ruller Ruller merupakan alat yang dapat membantu untuk mengaturposisi dari gambar yang dibuat. Cara menggunakan ruler adalah dengan mengklik dan tarik ruler menuju posisi yang diinginkan.
7.       Text Bar Text Bar merupakanbaris yang berisi pengaturan terhadapobyek berupa teks yang dibuat melalui corel.
8.       Pick Tool Pick took adalah alat yang digunakan untuk memilih gambaryang akan edit. Dengan menggunakan pick tool akan lebih mudah memilih gambar mana yang akan diatur.
9.       Pen Tool Pen tool merupakan alat untuk menggambar garis sesuaidengan yang diinginkan. Pada pembuatan peta digital ini pen tool banyak digunakan untuk melakukan trace gambar yaitu menggambar dengan cara mengikuti garis objek sehingga didapatkan gambar yang mirip dengan gambar aslinya
10.   Text Tool Text tool merupakan alat yang digunakan untuk membuattulisan atau teks pada dokumen corel. Pengaturan format teks seperti warna, ukuran, jenis font yang digunakan dapat dilakukan pada property bar.
3.12.3          Adobe Photoshop CS3
Adobe Photoshop CS3 merupakan software standar untuk pengolahan gambar. Adobe Photoshop CS3 memberikan lingkungan yang komperhensif bagi para desainer untuk membuat desain gra s yang rumit. Adobe Photoshop CS3 digunakan untuk mengedit gambar agar sesuai dengan ukuran yang ditentukan.
Keterangan: 1. Tittle bar Tittle bar merupakan baris yang menunjukkan nama dokumen yang sedang diedit atau dibuka. Untuk dokumen baru title bar akan memberi nama default yaitu untitled1.
2.       Menu bar Merupakan baris menu yang digunakan untuk mengaksesperintah utama yang terdapat pada adobe photoshop. Menu bar lebih mangacu pada pengaturan dokumen yang akan digunakan seperti perintah save, open, print, pengaturan layout.
3.       Property bar Merupakan baris yang berisi pengaturan terhadap objekatau gambar pada dokumen photoshop. Property bar akan memudahkan untuk mengatur ukuran atau warna dari objek yang dibuat melalui tool bar.
4.       Tool bar Tool bar merupakan baris yang berisi dari kumpulan toolyang dapat digunakan untuk mengedit atau membuat gambar yang ada pada photoshop.
5.       Crop tool Crop tool digunakan untuk memotong gambar sesuai denganukuran yang sudah ditentukan. Untuk mengatur ukuran resolusi panjang dan lebar crop bisa diatur melalui property bar.
6.       Eraser tool Eraser tool digunakan untuk menghapus bagian gambaryang tidak diperlukan sehingga didapatkan gambar yang maksimal.
7.       Fill tool Fiil tool digunakan untuk memberi warna pada gambar yangdi pilih atau di select. Pemberian warna yang diberikan bisa sesuai yang diinginkan
8.       Text tool Text tool digunakan untuk membuat teks. Pengaturan properti teks seperti jenis font, ukuran atau warna bisa dilakukan menggunakan property bar. Pengaturan juga bisa dilakukan menggunakan panel text yang berada di sebelah kanan dari tampilan photoshop CS3.
9.       Panel History Panel history digunakan untuk merekam jejak setiappengeditan gambar pada dokumen foto. Melalui panel history jika ingin membatalkan perintah, karena di photoshop hanya bisa melakukan satu kali perintah undo.
10.   Panel Brush Panel brush digunakan untuk melakukan perubahanpada brush yang digunakan. Pengaturan yang bisa dilakukan seperti rotasi dari brush, spasi antar brush, texture brush.
11.   Panel Text Panel text digunakan untuk mengatur properti dari teksyang dipilih. Pengaturan properti yang bisa dilakukan adalah pengaturan style, jenis font, ukuran font, warna.
Panel Layer Panel layer merupakan kumpuluan dari layer yang merupakan bagian dari dokumen photoshop. Layer kumpulan atau lapisan yang berfungsi sebagai penempatan suatu objek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar